Obat yang Bermanfaat untuk Kecanduan Game

Selamat datang kembali di aumifu, saya akan membahas obat yang bermanfaat untuk para pecinta game dan mengalami kesulitan untuk meninggalkannya (candu) Umur semakin bertambah, kerjaan masih bermain game saja.
Kita sama yuk disimak

bahaya game

Kecanduan game adalah salah satu cara yang ekstrem bagi seseorang untuk membuang-buang waktunya, yang akan dipertanyakan nanti dihari kebangkitan.

Jika seorang muslim benar-benar mengerti nilai dan pentingnya waktu, dan bahwa itu adalah ladang dimana mereka dapat menanam benih untuk akhirat.

Maka mereka tidak akan menjadikan game untuk menghancurkan hidup mereka didunia ini ataupun di akhirat nanti.

Salah satu ayat yang menunjukkan pentingnya waktu dan bahwa hidup ini bukan untuk menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna adalah ayat dimana allah berfirman: 

 أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ

Maka apakah kamu mengira bahwa kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada kami (Al- Mu'minun:115)

Ibnu Abbas Juga meriwayatkan Bahwa Rasulullah bersabda:

Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara:
waktu muda sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, dan hidupmu sebelum datang kematianmu.

Ibnu Alqayyim berkata "Membuang-buang waktu lebih buruk dari kematian" beliau juga menambahkan karena membuang-buang waktu memutuskan seseorang dari Allah dan akhirat.

Sementara kematian hanya memutuskan kamu dari kehidupan dunia ini dan mereka didalamnya. Adapun hal yang dapat teman-teman lakukan untuk menghidari kebiasaan bermain game (kecanduan) adalah:

1. Habiskanlah satu jam dalam satu hal, dan  satu jam dalam hal lain.
Apakah teman-teman mengerti maksudnya? baca dengan tenang kaitkan logika teman-teman sekalian, hal ini tidak berarti bahwa seseorang tidak boleh beristirahat dan menikmati waktu luang dengan rekreasi yang diperbolehkan.

Yang membuat seseorang menjadi segar dan enerjik kembali, karena selalu dalam keadaan serius adalah hal yang sulit untuk jiwa dan menyebabkan kelelahan dan penderitaan.

2. Mengundurkan diri dari program gaming
Berusahalah dengan keras untuk membuang kebiasaan bermain game dalam waktu yang lama melalui terapi perilaku yang bisa teman-teman lakukan sendiri

Contohnya jika dulu teman-teman sering bermain game lebih dari 3 jam sehari kurangi waktu tersebut, hal ini tidak instan begitu saja, mengambil keputusan untuk tidak akan bermain game sama sekali, hanya membunuh hobi teman-teman sendiri.

Akan lebih baik mengambil jalan tengah nya untuk mengurangi waktu bermain dan seterusnya seperti itu. Itu langkah yang harus di ambil untuk mengundurkan diri dari program gaming.

3. Berkumpullah dengan keluarga dan teman
Sesekali coba bahagiakan orang tua dengan hal kecil, timbulkan pemikiran dewasa yang membimbing,membantu dan membina.

lihatlah di sekeliling siapa yang patut teman-teman beri perhatian lebih, ciptakan diri seakur mungkin dengan mereka.

4. Kembangkan kecerdasan
Buatlah diri sesibuk mungkin seolah-olah tidak mempunyai waktu untuk bermain game lakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat, kelola diri teman-teman sendiri untuk menciptakan tahap ini.

5. Perbandingan pola pikir
Perbandingan disini mengajarkan teman-teman untuk berpikir berapa banyak hal yang Positif dan Negatif dalam dunia gaming,

Pikirkan juga berapa banyak uang yang telah kita habiskan untuk game-game ini, tahap ini akan lebih membuka pola pikir teman-teman sekalian, singkat cerita saya akan berbagi pengalaman bahwa saya juga seseorang yang berasal dari dunia game.

Kata "candu" iya itu datang menghampiri saya dan bahkan tidak lepas dari itu, memiliki banyak teman berkomunikasi secara online, berkata kasar, tertawa dengan senangnya membully seseorang yang noob sudah saya lalui.

Ketahuilah ini sangat tidak berfaedah jika terus berlansung, lantas bagaimana saya bisa keluar dari dunia itu? yang saya lakukan hanyalah beberapa point yang telah saya sebutkan diatas dan mendekatkan diri dengan sang pencipta, iya, hanya itu dan lambat laun seiring berjalannya waktu dan Alhamdulillah saya bisa sedikit demi sedikit melupakan game.

Tidak selalu buruk bermain game ada baiknya juga manfaatkanlah hal yang baik itu seperti:
pintar berbahasa inggris, bisa mengetik cepat, membantu perkembangan otak, mengerti permasalahan komputer dan lainnya fungsikan itu dengan baik jangan lakukan apa-apa lagi yang berhubungan dengan game tinggalkan secara perlahan.

Sekian dulu obat yang bemanfaat kali ini semoga teman-teman menemukan obatnya. Semoga dapat dipertimbangkan dan dijalani oleh teman-teman yang membaca ini, terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa kembali lagi dilain kesempatan. 

Belum ada Komentar untuk "Obat yang Bermanfaat untuk Kecanduan Game"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel