Cara Ampuh Merapikan Kabel PC, WAJIB BACA

Selamat datang kembali di aumifu, saya akan memberikan sedikit pengalaman tentang Management Cable alias merapikan kabel di PC.

Bagi teman-teman yang ingin memulainya fokus lah pada bagian dalam PC dan luar PC, tahapnya hanya itu. Lakukan dengan Hati-hati, lansung saja ya tidak banyak yang perlu saya katakan lagi.


Mari kita mulai:

1. Cari lah case yang akan teman-teman build sendiri Case yang ruangan nya Lebar seperti seri ATX tahap ini akan memudahkan teman-teman dalam memanagement cable semua ini hanya bisa dilakukan sendiri

Note: Jika anda paham betul masalah PC Jangan harap pada teknisi bukan berarti mereka bodoh karena ini sangat relatif, layaknya seperti memilih wanita bagi anda cantik tapi tidak bagi saya, kembali lagi pada diri masing-masing

2. Lepaskan semua kabel dan hubungkan kembali kabelnya dari yang paling tipis dan mudah disusun rapi, hingga kabel yang sedikit lebih tebal dan seterusnya, beri masing-masing kabel ruang tersendiri jangan menekan/melipat kabel secara berlebihan.

3. Sambungkan kabel dari Case ke motherboard awali dengan kabel audio (tipis) terlebih dahulu, kemudian beralih ke kabel USB, kabel Ethernet, dan kabel daya.

Putar setiap kabel dengan rapi, pastikan tidak membuat kusut di setiap kabelnya, dan kemudian gunakan strip/Double tape dan juga kabel tie, untuk menempel dan mengikat kabel dengan kencang.

4. Menggunakan pembungkus spiral juga bagus untuk merapikan kabel, saya menyarankan tahap ini untuk bagian luar PC saja.

5. Lihat kabel yang besar jadikan itu tahap terakhir untuk merapikannya seperti kabel PSU, sembunyikan kabel dengan cara menutupinya dibelakang papan case PC atau usahakan cara apapun agar kabel tidak terlihat

6. Pakai alat bantu untuk merapikan semua kabelnya, Yang terbaik adalah menggulung kabel di belakang alas motherboard dan tidak mengikat apa pun sampai setiap kabel tersambung dan kira-kira berada di posisi yang ideal.

Saya suka memutarkan dan menghubungkan kabel panel depan atau kabel yang terkait terlebih dahulu.

7. Lalu saya memasang kabel data atau apa saja untuk memulai dengan yang lebih mudah, yang perlu diperhatikan tidak melepaskan atau memindahkan barang-barang untuk memperbaiki kabel.



Ingat peredran udara dalam PC sangat penting jangan tutupi kipas atau pendingin case jika memungkinkan. Sebagian besar kabel harus dibawa ke belakang alas motherboard Jika case teman-teman tidak memiliki ruang di alas motherboard.

Coba jalankan semua kabelnya di samping, bawah, atau tepi Motherboard untuk mendapatkan tampilan yang bersih.

Setelah teman-teman meletakkan semua kabel, mulailah mengencangkannya dengan kabeltie/kabel spiral tambahan supaya ketat dan rapi, mulai dari bagian atas Case dan turun ke bawah.

Jika ada kabel yang panjang, pikirkan untuk mengikat kabel tersebut bersama-sama untuk mencegahnya menghalangi komponen dan kabel lainnya.

Dalam kebanyakan kasus,akan menemukan suara bising seperti serpihan kabel atau hentakan kipas PSU pada PC untuk menghindarinya perhatikan kabel dengan teliti.

Kabel yang panjang dapat disembunyikan dan diamankan di belakang papan motherboard. Selamat mencoba semoga sukses dan kabel PC nya tidak kriting lagi.


Perlu diketahui

Manajemen kabel yang baik tidak akan meningkatkan sistem kinerja PC yang ajib,
Hanya saja memperindah paradigma Komputer teman-teman sekalian dan juga akan membuat sistem berjalan lebih tenang dan dapat meningkatkan umur PC (awet).

Sekian dulu tutorial kali ini silahkan berikan kritikan yang membangun dari kalian
sampai jumpa di lain kesempatan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Merapikan Kabel PC, WAJIB BACA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel